Menjawab Salam Di Sms Atau Media Sosial

Bila kita bertemu dengan saudara kita sesama muslim, diperintahkan untuk mengucapkan salam dan wajib membalasnya . Bagaimana cara kita bila menjawab salam di sms atau media sosial?

Perintah Mengucapkan Salam,

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memerintahkan kepada kita untuk saling mengucapkan salam. Dan ketika diberi salam, maka wajib menjawabnya. Bahkan di antara faedahnya, ucapan salam ini bisa menjadi ikatan kasih terhadap sesama. Tentang ucapan salam ini, Allah Ta’ala berfirman,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An Nisa’: 86).

Keutamaan mengucapkan salam juga disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Jika melihat hadits di atas, kita diperintahkan untuk memulai mengucapkan salam ketika bertemu saudara muslim kita yang lain. Dan wajib hukumnya menjawab salam dengan yang lebih baik atau yang serupa salam tersebut.

Perlu diingat dan dipahami bahwa, salam adalah doa yang sangat baik. Para ulama menjelaskan bahwa As Salam itu termasuk nama Allah. Sehingga jika kita mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka kita mendoakan saudara kita agar selalu mendapat penjagaan dari Allah Ta’ala. Sebagian ulama juga berpendapat bahwa makna As Salam adalah keselamatan. Sehingga jika kita mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka kita mendoakan saudara kita agar mendapat keselamatan dari segala masalah, masalah agama ataupun dunianya.

Jika kita memberi salam melalui sms, email, surat atau media sosial, janganlah ucapan salam tersebut kita singkat menjadi “Ass.” atau “Ass.wr.wb.” atau yang lainnya. Bentuk seperti ini bukanlah salam. Seharusnya jika ingin mengucapkan salam, maka hendaklah kita tulis lengkap jangan disingkat, sebagai contoh “Assalamu’alaikum”, jangan kita tulis “Ass.”. Tulisan yang terakhir ini tidak ada maknanya dan bukanlah salam. Salam adalah bentuk doa yang sangat bagus dan baik, kenapa harus disingkat? Janganlah menjadi seorang pemalas ketika ingin berbuat baik, ubahlah sikap semacam ini.

Bagaimana cara menjawab salam di sms atau media sosial?

Menjawab salam di sms, email atau media sosial bisa dilakukan dengan cara,
1. Membalas salam tersebut dengan yang lebih baik atau serupa dengan ditulis secara lengkap dan jangan disingkat.

2. Menjawab salam di sms, email atau surat, tidak harus dalam bentuk tulisan. Artinya boleh menjawab dengan lisan. Misalnya kita mendapat sms, ” Assalamu’alaikum warahmatullah, bagaimana kabarnya?” Kita boleh membalas smsnya dengan jawaban salam secara lisan, dengan mengucapkan wa’alaikumus salam warahmatullah, kemudian kita tulis di sms, “Kabar baik.” Tanpa ada tulisan jawaban salam. Semacam ini dibolehkan dan telah menggugurkan kewajiban.

Semoga pembahasan cara menjawab salam di sms atau media sosial bermanfaat, Amin.
Allahu ‘alam.